Analisis SWOT 5 Situs E- Commerce
A. KEKUATAN Di Lazada.co.id, barang yang di jual sangat beraneka macam, mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain. 2. Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 10% sampai dengan diatas 30%. 3. Website yang user friendly Website di Lazada.co.id memiliki tampilan yang user friendly, navigasinya sangat mudah dan tampilannya pun menarik sehingga orang yang awampun bias menggunakannya dengan mudah 4. Bebas Ongkos Kirim Lazada memberika kebijakan untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika JABODETABEK dan pembelian diatas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Lalu jika diluar JABODETABEK ada yang masuk dalam wilayah 2 dan 3. Jika masuk wilayah 2, pengirimiman akan gratis jika pembelian diatas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6kg. Dan yang masuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman. 5. COD (Cash On Delivery) Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta saja. 6. Pengiriman Barang Cepat Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima. |
B. KELEMAHAN
Karena mudah
dijalankan, maka menjadi sangat mudah bagi siapa saja untuk mmelakukan dan
bersaing dengan cara promosi iklan produk dan jasa yang serupa, sehingga
menimbulkan Kompetisi yang tinggi. Selain itu ada beberapa kelemahan lain,
diantaranya :
1. Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
2. Fasilitas COD
masih belum bisa dibanyak kota , Fasilitas COD yang ditawarkan
memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat inI masih untuk kota
jakarta dan sekitarnya.
3. Barang tidak bisa dipegang secara
langsung, sehingga timbul kekhawatiran pelanggan terhadap kualitas barang dan
penipuan.
4. Belum bisa
menjangkau daerah-daerah pelosok indonesia yang belum mempunyai jaringan
internet yang baik.
5. Batas
pembayaran yang sangat singkat.
6. Keamanan
7. Kepercayaan dan resiko 8. Budaya masyarakat yang masih cenderung
memilih pasar konvensional
9.Penipuan 10. Akses Internet yang lambat
Sistem Pembayaran yang masih
seidikit rumit (bagi yang gaptek )
|
C. PELUANG
Bisnis online
ini memiliki peluang yang sangat bagus.karena bisnis ini bisa dilakukan oleh
siapa saja dimana saja dan kapan saja.Apalagi bagi orang-orang yang tidak ingin
banyak meniggalkan keluarganya hanya untuk bekerja diluar rumah.adapun yang
lainnya adalah :
1. Bisa diakses dimana saja – kapan saja
2. Lebih banyak pilihan produk dan jasa
3. Harga lebih murah
4. Pengiriman/pe-nyampaian segera
5. Ketersediaan informasi
6 Kesempatan berpartisipasi
7. Wahana komunitas elektronik
8. Personalisasi
9. Tidak dikenai pajak penjualan
10. Semakin meningkatnya perangkat mobile
11. Biaya akses internet semakin murah.
12. Semakin
meningkatnya jumlah pengguna internet.Semakin
berkembangnya situs jejaring sosial atau media sosial seperti facebook,
twitter, instagram, line, dll.
|
D. ANCAMAN
Berbagai bisnis
apapun pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya termasuk bisnis
online ini.Ancaman berbisnis online antara lain :
1. Pemerintah akan memberlakukan pajak online yang akan
ditanggung oleh konsumen.
2. Terdapat pihak-pihak yang mungkin melakukan plagiat penggunaan e-commerce dari segi bentuk, inovasi, maupun cara menjualnya. 3. Terdapat pihak yang membuat website palsu. 4. Persaingan e-commerce dalam dunia global. 5. Banyak penipuan (cyber crime) yang mengatasnamakan LAZADA. 6. Kasus pencurian data pelanggan sering terjadi di dunia maya. |
2. TOKO PEDIA
A. KELEBIHAN
1. Banyaknya penjual di
Tokopedia membuat persaingan harga yang sangat kompetitip di dalam Tokopedia
sendiri, hal ini menjadikan suatu keuntungan sendiri bagi calon pembeli.
2. Tokopedia sangat jelas
baik secara tulisan maupun sistem penjualan di website nya, bahwa suatu produk
dijual oleh toko atau orang tertentu. Sedangkan Tokopedia sendiri tidak menjual
produk,mereka hanya menyediakan media untuk toko-toko online berkumpul disana.
3. Ada rekening bersama
(Escrow) untuk mengamankan transaksi buyer dan seller, dimana buyer tidak
langsung menyetor uang ke seller dalam sebuah trasnsaksi yang terjadi.
4. Ada pembatasan waktu
oleh sistem dengan cara membatalkan pesanan produk ketika terjadi pesanan
terhadap suatu produk dan penjual tidak merespon dalam kurun waktu 3 hari dan
kondisi saat penjual merspon dengan menerima pesanan tetapi tidak mengirimkan
pesanan dalam kurun waktu 5 hari setelah diterimanya pesanan.
5. Tokopedia memonitor
transaksi dan barang sampai tangan pembeli , dan sistem meminta masukan dari
pembeli bahwa barang yan dipesan telah diterima dengan baik.
|
B. KEKURANGAN
1. Website dan aplikasi Tokopedia kerap mengalami error.
2. Terlalu sering maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa kesal.
3.Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam-macam.
4 Tidak adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.
5. Sering terjadi perang harga, membanderol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan kisaran harga yang relatif tinggi.
6. Peluang barang lebih banyak laku pada member Gold Merchant masih tidak optimal. Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa.
7. Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara otomatis berkurang.
8. Tidak memiliki fitur diskon yang berbatas waktu.
|
C. PELUANG
1. Masyarakat
di indonesia sebenarnya masi ragu akan pembelian barang atau jasa di internet
(jual beli online), Karena mereka menganggap bahwa jual beli tersebut sangat
rawan akan penipuan padahal tidak semua jual beli online itu bisa ditipu.
2. Biasanya jual beli online itu biasanya memakai b.inggris sedangkan msyrakat indonesia sendiri tidak semua bisa berbahasa inggris, Kesempatan itulah yg diambil karena tokopedia sendiri memakai bahasa indonesia yang artinya memudahkan masyarakat indonesia sendiri untuk jual beli online. |
D. ANCAMAN
1. Ancaman
dari situs web penyedia iklan gratis yg lain.
2. Ancaman
dari hacker.
|
A. KEKUATAN
1. Pilihan
Produk melimpah, dan karena banyaknya seller kita bisa mudah mengkomparasi
harga sebelum benar benar membeli suatu produk.
2. Banyak
Promo dan Voucher Diskon ( baik voucer Diskon Produk atau Pengiriman ). Cukup
membantu sekali karena bisa mendapatkan barang yang lebih murah dibanding harga
normal atau dibandingkan dengan e-commerce lain.
3. Layanan Handling Problem yang sigap. Dalam
kasus ini saya pernah mendapat Nomor Resi milik orang lain yang sudah
kadaluarsa/terkirim, akibatnya sistem Elevenia secara otomatis menganggap
kiriman saya sudah terkirim dan diterima oleh Konsumen. Melihat hal itu saya
langsung mengisi Form Barang tidak Diterima supaya Seller menyadari
kesalahannya dan luar biasanya keesokan harinya ada telepon dari pihak Elevenia
yang mengatakan bahwa mereka sudah melaporkan hal itu ke Seller dan mengatakan
bahwa Seller akan memberitahukan Nomor Resi pengiriman yang benar ke saya.
Nomor Resi pengiriman milik saya ternyata benar benar diinformasikan oleh
Seller hari itu juga dan karenanya saya cukup puas dengan pelayanan pihak
Elevenia.
4. Untuk
memudahkan para penjual dalam memasang produk, Elevenia juga menyediakan studio
foto, ruang seminar, dan training serta area konsultasi bersama para trainer.
5. Menghadirkan
produk-produk yang terbaik
6. Menawarkan
harga yang kompetitif
7. Memberikan
kemudahan belanja dengan kredit dan cicilan 0%
8. Layanan
yang cukup lengkap dalam transaksi pembayaran dan pengiriman barang
9. Produk
selalu update
|
B. KELEMAHAN
1. Voucher
Diskon yang valuenya cukup kecil ( jika dibandingkan dengan e-commerce lain ).
Misalnya, potongan 20 ribu tiap belanja minimal 400 ribu, potongan 5 persen
untuk belanja minimal 1 juta.
2. Tidak
ada tenggat waktu pengiriman barang oleh Seller. Dalam hal ini Seller bisa
sesukanya mengirimkan barang ke Konsumen sedangkan Konsumen hanya bisa harap
harap cemas apakah barangnya akan dikirim Seller atau tidak.
3. Seller
dengan rekomendasi level pelayanan terbaik belum tentu sesuai. Saya berbelanja
ke Seller dengan level menengah, dan hanya membutuhkan waktu 2 hari sampai
barangnya saya terima. Sebaliknya, saya berbelanja ke Seller dengan level
pelayanan yang sempurna, tapi baru seminggu kemudian barangnya sampai, itupun
saya harus berkali kali mengirimkan pesan ke Seller "terbaik"
tersebut.
|
C. PELUANG
1. Bisa
diakses dimana saja –kapan saja
2. Lebih
banyak pilihan produk dan jasa
3. Harga
lebih murah
4. Pengiriman/pe-nyampaian
segera
5. Ketersediaan
informasi
6. Kesempatan
berpartisipasi
7. Wahana
komunitas elektronik
8. Personalisasi
9. Tidak
dikenai pajak penjualan
|
D. ANCAMAN
1. Saat
pemesanan tiba-tiba barang yang dipesan sudah habis stok
2. Banyak
pembeli yang belum melakukan pembayaran sampai batas jatuh tempo pembayaran
3. Harga
tidak stabil
4. Aplikasi
mobile atau website bisa terjadi error
|
4. BUKA LAPAK
A. KEKUATAN
1. Salah
satu kelebihan yang dimiliki oleh Bukalapak ini adalah inovasinya yang cepat
dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik.
2. Kemudahan
ketika menambahkan gambar produk, bahkan dapat menggunakan metode drop and
drag hingga 5 gambar sekaligus.
3.Manajemen
stok produk yang lebih akurat. Ketika produk tengah menanti pembayaran, maka
jumlah stok produk akan secaar otomatis berkurang. Sedangkan saat transaksi
dibatalkan, maka jumlah stok produk akan dikembalikan. Sehingga mencegah
pembeli membayar stok ptoduk yang kosong.
4. Tersedianya
fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.
5. Adanya
fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap
menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan.
6. Proses
transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking
produk sampai ke pembeli.
7. Tampilan
yang simple dan tidak berat.
8. Memiliki
fitur Widget yang dapat digunakan untuk promosi lapak ke situs lain.
9. Tingkat
keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP.
10. Fitur
premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis, Gratis, dan
Gratis.
|
B. KELEMAHAN
1. Warna
dasar tema tampilan yang terlalu mencolok, sehingga kurang enak dipandang
2. SEO
yang tidak optimal saat dicari melalui Google.
3. Walaupun
dana masuk ke Bukalapak cepat, namun pencairan saldo dari Bukalapak terhitung
lama. Bahkan bisa lebih dari sehari.
4. Fitur
deksripsi barang yang belum memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil.
Bahkan sering error hingga tag html terbawa pada tulisan.
5. Aplikasi
Bukalapak banyak memakan memori RAM, sehingga terkadang lag dan loading.
6. Fitur
Quick Buyer yang terkadang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi
pembeli secara langsung.
7. Tidak
memiliki fitur pre-order.
8. Waktu
proses pemesanan yang sangat singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk
menginputkan nomor resi pengiriman.
9. Notifikasi
yang sering terlambat masuk, bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang
bermanfaat karena kendala tersebut.
10. Tidak
memiliki fitur untuk melakukan black-list pada pembeli yang bermasalah.
|
C. PELUANG
1. Mekanisme
pasar online yang diusung bukalapak dipercayai akan mendatangkan keuntungan
bagi penjual dan pembelinya secara fair dan lebih maksimal.
2. Kebanyakan
orang memiliki masalah waktu yang dapat digunakan bukalapak sebagai cara
alternatif dan solusi mempercepat proses jual dan beli.
3. Kebanyakan
orang Indonesia yang menggunakan internet lebih cenderung berperilaku
konsumtif. Karena sebagian besar dari mereka lebih memilih membeli sesuatu
daripada menjual barang di internet.
|
D. ANCAMAN
1. Ancaman
dari situs web penyedia iklan gratis yg lain.
2. Ancaman
dari hacker.
3. Penipuan
terhadap barang yang dijual maupun yang dibeli
|
A. KEKUATAN
1. Harganya
kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan
bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.
2. Kupon belanja yang
mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2
buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.
3. Ongkos
kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba
mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya.
Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.
4. Customer
service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya
langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu
membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim
support Blibli selalu ada 24 jam sehari.
5. Pelayanan
customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama
sekali.
6. Packing
barangnya untuk elektronik menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini
gratis lagi tidak menambah biaya ongkos kirim.
|
B. KELEMAHAN
1. Sistem
konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan
uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari
sabtu dan minggu Ini yang saya alami dan sempat frustasi karena masih pertama
kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di tetangga kurang lebih beberapa menit
sudah dikonfirmasi.
2. Tidak
ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer
care Blibli untuk hal ini.
3. Kalau
di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan
melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan
konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek kabar terbarunya.
4. Sistem
pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi
merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri.
|
C. PELUANG
1. Memberikan
keuntungan yang cukup besar.
2. Prospek
atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan
3. Permintaan
pasar dijaman yang modern ini semakin meningkat
|
D. ANCAMAN
1. Banyak
jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
2. Persaingan
dalam pemasaran yang semakin ketat.
3.Dalam
era global seperti sekarang ini persaingan tidak hanya ada pada lingkup dalam
negeri tapi seluruh dunia adalah pesaing kita.
|
Dari :
Ni Luh Vina Septiana
15110111054
Manajemen Perhotelan
Komentar
Posting Komentar