Analisis SWOT 5 Situs E- Commerce



Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh situs e-commerce : Lazada, Tokopedia, Elevenia, Bukalapak dan BliBli.





1.      LAZADA






A.    KEKUATAN


1. Beraneka Ragam Produk Tersedia
Di Lazada.co.id, barang yang di jual sangat beraneka macam, mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain.

2. Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 10% sampai dengan diatas 30%.

3. Website yang user friendly
Website di Lazada.co.id memiliki tampilan yang user friendly, navigasinya sangat mudah dan tampilannya pun menarik sehingga orang yang awampun bias menggunakannya dengan mudah

4. Bebas Ongkos Kirim
Lazada memberika kebijakan untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika JABODETABEK dan pembelian diatas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Lalu jika diluar JABODETABEK ada yang masuk dalam wilayah 2 dan 3. Jika masuk wilayah 2, pengirimiman akan gratis jika pembelian diatas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6kg. Dan yang masuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.

5. COD (Cash On Delivery)
Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta saja.

6. Pengiriman Barang Cepat
Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima.

  
B. KELEMAHAN


Karena mudah dijalankan, maka menjadi sangat mudah bagi siapa saja untuk mmelakukan dan bersaing dengan cara promosi iklan produk dan jasa yang serupa, sehingga menimbulkan Kompetisi yang tinggi. Selain itu ada beberapa kelemahan lain, diantaranya :

1. Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama

2. Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota , Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat inI masih untuk kota jakarta dan sekitarnya.

3. Barang tidak bisa dipegang secara langsung, sehingga timbul kekhawatiran pelanggan terhadap kualitas barang dan penipuan.

4. Belum bisa menjangkau daerah-daerah pelosok indonesia yang belum mempunyai jaringan internet yang baik.

5. Batas pembayaran yang sangat singkat.

6. Keamanan

7. Kepercayaan dan resiko

8. Budaya masyarakat yang masih cenderung
memilih pasar konvensional

9.Penipuan

10. Akses Internet yang lambat
Sistem Pembayaran yang masih seidikit rumit (bagi yang gaptek )

C. PELUANG

Bisnis online ini memiliki peluang yang sangat bagus.karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja dimana saja dan kapan saja.Apalagi bagi orang-orang yang tidak ingin banyak meniggalkan keluarganya hanya untuk bekerja diluar rumah.adapun yang lainnya adalah : 

1. Bisa diakses dimana saja – kapan saja
2. Lebih banyak pilihan produk dan jasa
3. Harga lebih murah
4. Pengiriman/pe-nyampaian segera
5. Ketersediaan informasi
6  Kesempatan berpartisipasi
7. Wahana komunitas elektronik 
8. Personalisasi
9. Tidak dikenai pajak penjualan
10. Semakin meningkatnya perangkat mobile
11. Biaya akses internet semakin murah.
12. Semakin meningkatnya jumlah pengguna internet.Semakin berkembangnya situs jejaring sosial atau media sosial seperti facebook, twitter, instagram, line, dll.





D. ANCAMAN

Berbagai bisnis apapun pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya termasuk bisnis online ini.Ancaman berbisnis online antara lain :

1. Pemerintah akan memberlakukan pajak online yang akan ditanggung oleh konsumen.

2. Terdapat pihak-pihak yang mungkin melakukan plagiat penggunaan e-commerce dari segi bentuk, inovasi, maupun cara menjualnya.

3. Terdapat pihak yang membuat website palsu.

4. Persaingan e-commerce dalam dunia global.

5. Banyak penipuan (cyber crime) yang mengatasnamakan LAZADA.

6. Kasus pencurian data pelanggan sering terjadi di dunia maya.



            2. TOKO PEDIA






A. KELEBIHAN

1. Banyaknya penjual di Tokopedia membuat persaingan harga yang sangat kompetitip di dalam Tokopedia sendiri, hal ini menjadikan suatu keuntungan sendiri bagi calon pembeli.

2. Tokopedia sangat jelas baik secara tulisan maupun sistem penjualan di website nya, bahwa suatu produk dijual oleh toko atau orang tertentu. Sedangkan Tokopedia sendiri tidak menjual produk,mereka hanya menyediakan media untuk toko-toko online berkumpul disana.

3. Ada rekening bersama (Escrow) untuk mengamankan transaksi buyer dan seller, dimana buyer tidak langsung menyetor uang ke seller dalam sebuah trasnsaksi yang terjadi.

4. Ada pembatasan waktu oleh sistem dengan cara membatalkan pesanan produk ketika terjadi pesanan terhadap suatu produk dan penjual tidak merespon dalam kurun waktu 3 hari dan kondisi saat penjual merspon dengan menerima pesanan tetapi tidak mengirimkan pesanan dalam kurun waktu 5 hari setelah diterimanya pesanan.

5. Tokopedia memonitor transaksi dan barang sampai tangan pembeli , dan sistem meminta masukan dari pembeli bahwa barang yan dipesan telah diterima dengan baik.

B. KEKURANGAN

1. Website dan aplikasi Tokopedia kerap mengalami error.

2. Terlalu sering maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa kesal.

3.Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam-macam.

4 Tidak adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.

5. Sering terjadi perang harga, membanderol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan kisaran harga yang relatif tinggi.

6. Peluang barang lebih banyak laku pada member Gold Merchant masih tidak optimal. Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa.

7. Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara otomatis berkurang.

8. Tidak memiliki fitur diskon yang berbatas waktu.



C. PELUANG

1. Masyarakat di indonesia sebenarnya masi ragu akan pembelian barang atau jasa di internet (jual beli online), Karena mereka menganggap bahwa jual beli tersebut sangat rawan akan penipuan padahal tidak semua jual beli online itu bisa ditipu.

2. Biasanya jual beli online itu biasanya memakai b.inggris sedangkan msyrakat indonesia sendiri tidak semua bisa berbahasa inggris, Kesempatan itulah yg diambil karena tokopedia sendiri  memakai bahasa indonesia yang artinya memudahkan  masyarakat indonesia sendiri untuk jual beli online.

D. ANCAMAN

1. Ancaman dari situs web penyedia iklan gratis yg lain.

2. Ancaman dari hacker.



          3. ELEVENIA






A. KEKUATAN

1. Pilihan Produk melimpah, dan karena banyaknya seller kita bisa mudah mengkomparasi harga sebelum benar benar membeli suatu produk.

2. Banyak Promo dan Voucher Diskon ( baik voucer Diskon Produk atau Pengiriman ). Cukup membantu sekali karena bisa mendapatkan barang yang lebih murah dibanding harga normal atau dibandingkan dengan e-commerce lain.

3. Layanan Handling Problem yang sigap. Dalam kasus ini saya pernah mendapat Nomor Resi milik orang lain yang sudah kadaluarsa/terkirim, akibatnya sistem Elevenia secara otomatis menganggap kiriman saya sudah terkirim dan diterima oleh Konsumen. Melihat hal itu saya langsung mengisi Form Barang tidak Diterima supaya Seller menyadari kesalahannya dan luar biasanya keesokan harinya ada telepon dari pihak Elevenia yang mengatakan bahwa mereka sudah melaporkan hal itu ke Seller dan mengatakan bahwa Seller akan memberitahukan Nomor Resi pengiriman yang benar ke saya. Nomor Resi pengiriman milik saya ternyata benar benar diinformasikan oleh Seller hari itu juga dan karenanya saya cukup puas dengan pelayanan pihak Elevenia.

4. Untuk memudahkan para penjual dalam memasang produk, Elevenia juga menyediakan studio foto, ruang seminar, dan training serta area konsultasi bersama para trainer.

5. Menghadirkan produk-produk yang terbaik
6. Menawarkan harga yang kompetitif
7. Memberikan kemudahan belanja dengan kredit dan cicilan 0%
8. Layanan yang cukup lengkap dalam transaksi pembayaran dan pengiriman barang
9. Produk selalu update

B. KELEMAHAN

1. Voucher Diskon yang valuenya cukup kecil ( jika dibandingkan dengan e-commerce lain ). Misalnya, potongan 20 ribu tiap belanja minimal 400 ribu, potongan 5 persen untuk belanja minimal 1 juta.

2. Tidak ada tenggat waktu pengiriman barang oleh Seller. Dalam hal ini Seller bisa sesukanya mengirimkan barang ke Konsumen sedangkan Konsumen hanya bisa harap harap cemas apakah barangnya akan dikirim Seller atau tidak.

3. Seller dengan rekomendasi level pelayanan terbaik belum tentu sesuai. Saya berbelanja ke Seller dengan level menengah, dan hanya membutuhkan waktu 2 hari sampai barangnya saya terima. Sebaliknya, saya berbelanja ke Seller dengan level pelayanan yang sempurna, tapi baru seminggu kemudian barangnya sampai, itupun saya harus berkali kali mengirimkan pesan ke Seller "terbaik" tersebut.

C. PELUANG

1. Bisa diakses dimana saja –kapan saja
2. Lebih banyak pilihan produk dan jasa
3. Harga lebih murah
4. Pengiriman/pe-nyampaian segera
5. Ketersediaan informasi
6. Kesempatan berpartisipasi
7. Wahana komunitas elektronik
8. Personalisasi
9. Tidak dikenai pajak penjualan

D. ANCAMAN

1. Saat pemesanan tiba-tiba barang yang dipesan sudah habis stok

2. Banyak pembeli yang belum melakukan pembayaran sampai batas jatuh tempo pembayaran

3. Harga tidak stabil

4. Aplikasi mobile atau website bisa terjadi error


             
              4. BUKA LAPAK




A. KEKUATAN


1. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Bukalapak ini adalah inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik.

2. Kemudahan ketika menambahkan gambar produk, bahkan dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus.

3.Manajemen stok produk yang lebih akurat. Ketika produk tengah menanti pembayaran, maka jumlah stok produk akan secaar otomatis berkurang. Sedangkan saat transaksi dibatalkan, maka jumlah stok produk akan dikembalikan. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong.

4. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.

5. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan.

6. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli.

7. Tampilan yang simple dan tidak berat.

8. Memiliki fitur Widget yang dapat digunakan untuk promosi lapak ke situs lain.

9. Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP.

10. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis, Gratis, dan Gratis.

B. KELEMAHAN

1. Warna dasar tema tampilan yang terlalu mencolok, sehingga kurang enak dipandang

2. SEO yang tidak optimal saat dicari melalui Google.

3. Walaupun dana masuk ke Bukalapak cepat, namun pencairan saldo dari Bukalapak terhitung lama. Bahkan bisa lebih dari sehari.

4. Fitur deksripsi barang yang belum memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil. Bahkan sering error hingga tag html terbawa pada tulisan.

5.  Aplikasi Bukalapak banyak memakan memori RAM, sehingga terkadang lag dan loading.

6. Fitur Quick Buyer yang terkadang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.

7.  Tidak memiliki fitur pre-order.

8. Waktu proses pemesanan yang sangat singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk menginputkan nomor resi pengiriman.

9. Notifikasi yang sering terlambat masuk, bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang bermanfaat karena kendala tersebut.

10. Tidak memiliki fitur untuk melakukan black-list pada pembeli yang bermasalah.

C. PELUANG

1. Mekanisme pasar online yang diusung bukalapak dipercayai akan mendatangkan keuntungan bagi penjual dan pembelinya secara fair dan lebih maksimal.

2.  Kebanyakan orang memiliki masalah waktu yang dapat digunakan bukalapak sebagai cara alternatif dan solusi mempercepat proses jual dan beli.

3.  Kebanyakan orang Indonesia yang menggunakan internet lebih cenderung berperilaku konsumtif. Karena sebagian besar dari mereka lebih memilih membeli sesuatu daripada menjual barang di internet.

D. ANCAMAN

1. Ancaman dari situs web penyedia iklan gratis yg lain.

2. Ancaman dari hacker.

3. Penipuan terhadap barang yang dijual maupun yang dibeli



           5. BLIBLI





A. KEKUATAN

1. Harganya kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.

2. Kupon belanja yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.

3. Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.

4. Customer service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.

5. Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.

6. Packing barangnya untuk elektronik menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini gratis lagi tidak menambah biaya ongkos kirim.


B. KELEMAHAN

1. Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu Ini yang saya alami dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.  

2. Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli untuk hal ini.

3. Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek kabar terbarunya.

4. Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. 


C. PELUANG

1. Memberikan keuntungan yang cukup besar.

2. Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan

3.  Permintaan pasar dijaman yang modern ini semakin meningkat

D. ANCAMAN

1. Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.

2. Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat.

3.Dalam era global seperti sekarang ini persaingan tidak hanya ada pada lingkup dalam negeri tapi seluruh dunia adalah pesaing kita.




Dari :
Ni Luh Vina Septiana
15110111054
Manajemen Perhotelan
Universitas Dhyana Pura

www.undhirabali.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Kisah Embro dan Pipo

Pengguna Internet Di Indonesia Tahun 2017