Pengguna Internet Di Indonesia Tahun 2017



            Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) telah merilis hasil Survey Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Pada hasil survey tersebut terlihat lebih dari setengah penduduk Indonesia sekarang telah terkoneksi ke internet. 



       Jadi pada tahun 2017 menurut hasil survey ada sekitar 143.26 juta penduduk Indonesia sudah terkoneksi ke internet. Sementara jumlah total penduduk di Indonesia ada sebanyak 262 jut orang. Dengan adanya hasil survey tersebut, terlihat juga indikasi adanya kenaikan pegguna internet sebesar 7.96 persen. Jika dibandingkan hasil survey yang dilakukan APJII pada tahun 2016 . Adapun komposisi pengguna internet berdasarkan jenis kelamin, terdiri dari perempuan sebanyak 48,57 persen, dan lelaki sebanyak 51,43 persen.






   Untuk komposisi berdasarkan usia, angka terbesar ditunjukan oleh masyarakat berumur 19 - 34, yakni sebesar 49,52 persen. 

     



        Apabila ditinjau berdasarkan wilayah, terlihat adanya perbedaan yang signifikan antara wilayah urban dengan wilayah rural. Dalam hal ini, Jawa masih mendominasi pemakaian internet sebagai wilayah urban secara nasional. Jumlah pengguna internet di Jawa saja mencapai 58.08 persen dari jumlah total pengguna internet di Indonesia. Hal ini dapat dilihat juga dari angka penetrasinya yang tumbuh hingga 57.70 persen. Baru setelah itu Sumatera dengan jumlah pengguna internet 19.09 persen dengan penetrasi 47.20 persen.

          Selanjutnya di wilayah Kalimantan, pengguna internet di wilayah ini ada sebanyak 7.97 persen dari jumlah nasional dengan penetrasi sebesar 72.19 persen. Sementara Sulawesi 6.73 persen, dengan penetrasi 46.70 persen. Disusul Bali – Nusa 5.63 persen dengan penetrasi 54.23 persen, dan yang terakhir adalah Maluku-Papua sebesar 2.49 persen dengan penetrasi 41.98 persen. Survey Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017 memang sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh APJII sejak beberapa tahun yang lalu.




          Berdasarkan data tersebut yang dapat dibayangkan bahwa saat ini internet bukan lagi merupakan sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia. Dari masyarakat kota hingga desa, semua tahu internet dan telah menggunakannya setiap hari. Menurut data  tersebut jumlah pengguna internet di Indonesia diperkirakan akan terus bertambah dari waktu ke waktu , Dengan semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia, tentunya bisnis online atau e-commerce akan semakin berkembang pesat ke depannya. Kita tahu, bisnis online banyak sekali memiliki keunggulan di bandingkan dengan bisnis konvensional atau offline.Dari segi waktu, biaya dan tenaga, sudah jelas bisnis online jauh lebih menguntungkan. Bisnis online akan sangat berpengaruh bagi kita , bisa dilihat saja sekarang, masyarakat sudah banyak yang beralih menggunakan e-commerce atau transaksi keuangan online dari pada transaksi manual menggunakan uang pecahan.

          Jika internet penggunaannya terus meningkat seperti sekarang ini , maka bisnis yang akan datang akan semakin mudah dan semakin menguntungkan. Yang dimana masyarakat sudah tidak perlu lagi datang ke toko untuk membeli suatu barang yang diperlukan , ia tinggal memesan barang melalui internet . Internet membuat penggunanya lebih mudah untuk berinteraksi. Dan bisa dikatakan lebih efektif dan efisien untuk jaman sekarang ini.

            Pengaruh teknologi informasi secara tidak langsung memberikan solusi yang dapat membantu urusan bisnis secara ringkas dan tidak perlu lagi memakan biaya yang begitu besar. Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi saat ini menuntut manusia modern untuk bertindak dengan cepat pula, apabila kita tidak bisa mengikuti gerak cepat dari perkembangan teknologi informasi ini, kita bisa saja tertinggal jauh dibelakang, dan dunia kerja maupun bisnis dewasa ini pun membutuhkan para pegawai yang bisa menggunakan perangkat hardware maupun software untuk mendukung segala aktivitas kerjanya.


Dari :
Ni Luh Vina Septiana
15110111054
Manajemen Perhotelan
Universitas Dhyana Pura

www.undhirabali.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT 5 Situs E- Commerce

Filosofi Kisah Embro dan Pipo