Perbedaan Antara Software, Hardware dan Brainware




     Sudah kita ketahui bersama, komputer menjadi sarana yang sangat memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Suatu komputer dapat berjalan dengan baik tentu memiliki dasar atau pondasi untuk membangunnya. Sehubungan dengan itu, pondasi dari sebuah komputer itu terbagi menjadi tiga komponen utama yaitu hardware, software dan brainware. Ketiga memiliki peranan yang berbeda sesuai tugasnya masing-masing. Dengan bekerjasama, pondasi tersebut mampu menopang mekanisme kerja dari komputer sehingga berjalan dengan semestinya.


Adapun perbedaan mengenai ketiga komponen utama tersebut adalah sebagai berikut :

1.      HARDWARE

       Hardware atau perangkat keras adalah komponen-komponen komputer yang secara phisik dapat dilihat dan berbentuk benda (peralatan). Komponen ini juga sangat penting dan wajib ada pada sebuah komputer. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

Berikut beberapa pembagian hardware menurut fungsinya :   

  •          Input Device(Perangkat Masukan)

Perangkat ini berfungsi menerima semua data dan perintah yang diberikan oleh user untuk kemudian diproses. Data yang diterima itu dapat berbentuk suara, huruf, maupun simbol – simbol yang nantinya akan diproses. Contoh perangkat komputer yang termasuk dalam kategori perangkat masukan yaitu keyboard dan mouse.




  •   Process Device (Perangkat Pemprosesan)

Setelah semua data yang diterima oleh perangkat masukan maka data taupun perintah itu akan diproses terlebih dahulu. Perangkat ini akan memberikan pilihan kepada user apakah data yang masuk ke komputer akan di simpan, di hapus ataupun akan diolah kembali. Contoh perangkat pemprosesan yaitu processor dan memori.


    
  •     Output Device (Perangkat keluaran)

Merupakan perangkat yang mempunyai peranan untuk menampilkan semua data yang telah diproses sebelumnya, baik itu dalam bentuk suara, gambar, ataupun teks yang dicetak diatas sebuah kertas. Salah satu contoh perangkat keluaran yaitu speaker dan monitor.

  
  •   Storage Device (Perangkat Penyimpanan)

Berfungsi untuk menyimpan data yang diinputkan oleh user secara permanen. Data yang disimpan adalah data yang  telah diproses dan ditampilkan oleh perangkat output sebelumnya. Salah satu perangkat penyimpanan yang ada pada komputer yaitu hardisk.

2. SOFT WARE


Software atau perangkat lunak adalah Suatu program yang tidak memiliki bentuk fisik yang dibuat oleh seorang programer menggunakan bahasa pemprograman tertentu yang dibuat dengan tujuan tertentu. Software atau biasa kita kenal dengan perangkat lunak merupakan pengontrol kerja hardware komputer. Banyak peran dasar sofware yang tak dapat digantikan seperti penerjemah perintah atau instruksi yang diberikan user (pengguna) dalam bentuk bahasa mesin agar dapat diterima dan dimengerti oleh hardware komputer.

Karena software mempunyai banyak peran penting, jadi software dibagi menjadi beberapa kategori yaitu :
1
  •    Sistem Operasi (Operating System)

Software yang berada pada lapisan pertama ini merupakan pengontrol dan pengkonfigurasi hardware (perangkat keras) dan juga sofware yang melakukan operasi – operasi dasar pada sistem komputer. Sistem operasi memiliki peran sebagai penghubung antara hardware dengan software lainnya.
Beberapa contoh sistem operasi :
1.   Windows                                                                           
2.   Linux
3.   Macintosh

  •     Aplikasi (application)
              Perangkat lunak atau software ini merupakan aplikasi yang siap pakai yang bertujuan untuk                mempermudah pekerjaan manusia baik itu dalam pengolahan angka, huruf dan lain lain.
              Beberapa contoh software aplikasi :
              1.   Microsoft Word -> pengolah kata.
              2.   Microsoft Excel -> pengolah angka              
  •         Software bantu (utility)

Software ini biasanya membantu sistem operasi dalam membersihkan file – file sampah yang ada pada komputer seperti CCleaner .
  •         Bahasa Pemprograman

Suatu aplikasi yang dapat meng-compiler sebuah program seperti netbeans.


3.  BRAINWARE

     Brainware dapat dikatakan sebagai pengguna. Pengguna yang dimaksud di sini ialah orang yang menggunakan, mengkonfigurasi maupun kegiatan lain yang dapat dilakukan dengan komputer. Brainware adalah manusia itu sendiri yang bertugas sebagai operator pada sebuah sistem komputer. Peranan manusia sebagai operator sangat penting sebab sebuah mesin tidak akan berfungsi jika tidak ada manusia yang mengendalikannya. Dapat disimpulkan brainware adalah orang yang menggunakan computer.


Keterkaitan antara Software, Hardware, dan Brainware

      Ketiga merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan yang mempunyai hubungan timbal balik. Software, hardware, dan brainware merupakan hal yang saling bergantung satu sama lain dan jika diantara tiga hal diatas tidak ada maka dua hal yang lain juga menjadi tidak berguna. Misalnya hardware dan software ada tetapi brainware atau orang yang akan mengoperasikan komputer tersebut tidak ada maka komputer tidak ada bedanya dengan sampah, sampah yang tidak gunanya karena tak ada yang akan menggunakannya. Jadi fungsionalitas komputer dapat terjadi jika ketiga hal diatas ada.


    Ketiga elemen diatas harus saling berhubungan satu sama lain dan membentuk satu kesatuan untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan. Hardware tidak akan berfungsi bilamana tidak adasoftware yang menggerakkannya. Begitupula software tidak akan berarti apa-apa bilamana tidak ada hardware. Agar hardware dan software dapat berjalan seperti yang diharapkan maka harus ada brainware atau manusia yang mengoperasikannya. Kesimpulannya ketiga elemen ini haru memiliki hubungan yang saling menguntungkan (Simbiosis Mutualisme) agar sebuah sistem komputer dapat menghasilkan informasi dan data yang dibutuhkan.

Dari:
Ni Luh Vina Septiana
15110111054
Manajemen Perhotelan
Universitas Dhyana Pura
www.undhirabali.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT 5 Situs E- Commerce

Filosofi Kisah Embro dan Pipo

Pengguna Internet Di Indonesia Tahun 2017